Memilih Sepatu Branded yang Aman dan Menguntungkan

Posted by

Ketika memilih sepatu di toko sepatu, kebanyakan orang cenderung akan memilih desain dan model. Jika desain dan modelnya cocok, barulah mereka akan memilih ukuran yang sesuai dengan kakinya. Di luar desain dan modelnya, pertimbangan utama seseorang ketika membeli sepatu adalah brand atau merknya. Seseorang cenderung merasa lebih percaya diri jika memakai sepatu branded. Padahal, memilih sepatu lari dengan cara ini sangat berisiko. Tidak semua merk atau brand sepatu disesuaikan dengan bentuk kaki setiap orang, melainkan hanya berpatokan pada ukuran kaki orang kebanyakan. Jika sepatu sudah dipakai berjalan setidaknya 100 meter, barulah seseorang akan menyadari bahwa sepatu yang dibelinya ideal atau tidak. Oleh karena itu, dalam memilih sepatu yang cocok, terutama yang branded, terdapat beberapa hal mendasar yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips memilih sepatu bermerk atau branded yang aman dan nyaman.

Menentukan Budjet

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan membeli sepatu branded adalah menentukan budjet atau dana yang dipersiapkan. Anda harus memiliki patokan maksimal berapa dana yang akan Anda keluarkan untuk membeli sepatu bermerk sebagaimana yang Anda inginkan. Hal ini sangat penting dilakukan agar ketika sudah sampai di toko sepatu, Anda tidak tergiur untuk membeli sepatu bermerk yang harganya lebih mahal dari yang sudah Anda tentukan dari awal. Tanpa menentukan budjet, Anda bisa jadi akan sangat boros dan pengeluaran Anda akan lebih besar dari yang Anda pikirkan.

Mempertimbangkan Kegunaan

Sebelum membeli sepatu, baik yang bermerk ataupun sepatu biasa, Anda harus memikirkan kegunaan, peruntukan, atau fungsinya. Misalnya ketika akan membeli sepatu untuk ke kantor, maka belilah sepatu khusus kantor. Biasanya, orang akan cenderung mengubah niat ketika melihat barang-barang bagus di mall atau toko tertentu, dan sering mengabaikan niat awalnya untuk membeli sepatu tertentu. Membeli sepatu bermerk namun tidak jelas akan digunakan untuk apa, sama saja dengan membuang-buang uang. Pertimbangkan dengan matang apakah sepatu yang akan Anda beli akan benar-benar berguna, akan sering dipakai atau tidak.

Baca juga: TIPS MEMILIH SEPATU UNTUK JOGGING

Mengecek Kondisi Sepatu

Jika sudah menemukan sepatu yang cocok, dari segi model, merk, dan harganya, periksalah sepatu yang akan dibeli tersebut secara teliti. Sepatu bermerk umumnya sering dibajak atau dipalsukan oleh produsen-produsen tidak bertanggung jawab yang hanya ingin meraup keuntungan dengan memproduksi sepatu yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Kenalilah ciri-ciri sepatu asli dan sepatu palsu dari kondisi tampilannya. Sepatu palsu yang hanya meniru atau mirip brand besar biasanya memiliki banyak kelemahan dan keanehan, baik dari segi detail jahitan maupun dalam hal pewarnaan.

Sepatu branded umumnya memiliki harga yang relatif mahal. Jika tidak hati-hati ketika membelinya, Anda tentu akan menyesal. Periksalah secara teliti sepatu yang telah dipilih sebelum memutuskan membeli. Agar sepatu bermerk yang dibeli akan membawa keuntungan, bukan sebaliknya membawa penyesalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *