Tips Memilih Sepatu Untuk Jogging

Posted by

Tidak hanya pakaian, sepatu untuk berolaharag juga harus diperhatikan. Ketika hobi Anda adalah berlari, tentu saja Anda akan menyiapkan sepatu yang benar dan tepat untuk menemani Anda berlari. Karena jika Anda salah memilih, alih – alih membantu dna membuat Anda nyaman, kaki Anda malah akan cidera karena salah pemilihan sepatu saat Anda membelinya. Berikut ini akan dibagikan tips memilih sepatu untuk joging. Mungkin beberapa dari Anda merasa, semua sepatu olahraga tampak sama, jadi bisa dikenakan untuk semua jenis olahraga. Dan tentu saja itu salah besar. Apa sajakah ciri – ciri sepatu yang benar untuk berlari? Simak di bawah berikut ini.

Baca juga: JENIS-JENIS SOL SEPATU OLAHRAGA BERDASARKAN JENIS OLAHRAGA

  1. Mengetahui tipe kaki Anda. Jika Anda gampang berkeringat di bagian telapak kaki atau kaki Anda, carilah sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang bagus agar pertukaran udara cukup. Jadi, kaki Anda tidak akan menjadi licin dan membasahi kaos kaki Anda. Kaki yang basah akan mengganggu kenyamanan berlari Anda. Jadi saat ingin membelinya, perhatikan terlebih dahulu dan tanyakan pada penjualnya, tentu mereka tahu mengenai masalah ini.
  2. Pilih yang sesuai dengan ukuran kaki. Terkadang ada yang menyukai motif tertentu, tetapi akan memaksa membelinya walaupun tidak cocok dengan ukuran kaki. Biarpun kesempitan dan membuat jari kaki tertekuk di dalam, yang penting ia sudah memiliki sepatu yang motif dan warnanya sedang trend saat itu. Dan itu adalah kesalahan yang fatal karena akan menghambat peredaran darah di kaki Anda. Otot dan syaraf kaki harus rileks dan bukannya tertekan karena kesempitan.
  3. Untuk joging, sepatunya pasti didesain lebih ringan agar tidak menambah beban pada saat Anda mengayunkan kaki. Jadi saat Anda berlari jauh dan lama, kaki Anda tidak akan merasa sakit dan keberatan. Jika Anda memaksakan menggunakan sepatu lain, maka siap – siap kaki Anda akan lecet dan merasa jadi gampang lelah.
  4. Membeli sepatu joging ada baiknya saat malam hari karena pada malam hari, kaki Anda akan membesar sedikit. Jadi ketika Anda membelinya di pagi atau siang hari, takutnya akan jadi kesempitan.
  5. Ganti sepatu Anda secara rutin. Ketika Anda sudah mencapai titik maksimal berlari hingga 650 km, maka sudah saatnya Anda mengganti sepatu Anda karena tumit Anda pasti akan membesar dan sepatu lama Anda tidak akan cukup lagi. Ditambah lagi, alas sepatu yang sudah menipis karena terkena gesekan terus menerus setiap berlari akan mengganggu dan membahayakan kaki Anda. Cari lagi sepatu joging yang baru dan tepat untuk Anda jika demikian.

Sepatu joging tidak harus dengan brand ternama, yang penting kenyamanan tetap terjaga. Semoga tips memilih sepatu untuk joging ini bermanfaat buat Anda. Sekian dan teirma kasih!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *