Tips Memilih Sepatu Lari yang Aman dan Tepat

Posted by

Berlari merupakan kegiatan yang positif dan dapat berdampak pada kesehatan tubuh. Berlari secara rutin, setidaknya satu kilometer dalam sehari, dipercaya oleh sebagian besar ahli kesehatan akan memperpanjang usia seseorang, sebab ketika berlari banyak racun jahat yang dikeluarkan oleh tubuh melalui keringat yang mengucur. Selain itu, berlari secara rutin dapat membakar lemak sehingga badan bisa lebih proporsional dan ideal. Ketika berlari, salah satu unsur yang menunjang kegiatan berlari adalah sepatu lari. Sepatu lari akan sangat berpengaruh pada kegiatan berlari seseorang, mempengaruhi gaya berlari dan bahkan juga berimbas pada kesehatan kaki. Jika memilih sepatu lari yang salah, alih-alih dapat membuat tubuh sehat, yang diperoleh justru malah kaki yang keseleo atau terkilir. Untuk terhindar dari salah pilih sepatu, berikut ini adalah beberapa tips memilih sepatu lari yang aman dan tepat.

Tips memilih sepatu lari yang paling disarankan adalah menyesuaikan dengan medan lari yang akan dilewati. Biasanya, orang akan cenderung memiliki jalur larinya tersendiri, entah itu di kota atau di pedesaan. Pilihlah sepatu lari dengan menyesuaikan dengan kondisi medan lintasan lari, sebab umumnya sepatu lari dirancang dengan kategori tertentu.

  • Sepatu Lari di Jalan Raya

Sepatu lari jalan raya biasanya dirancang dengan bagian sole yang keras, dan bagian permukaannya dirancang mendatar. Sepatu lari untuk jalan raya, atau di lintasan kota yang cenderung tidak memiliki banyak rintangan, akan didesain ringan dan fleksibel. Sepatu jenis ini dibuat untuk melindungi atau menstabilkan kaki selama melangkah. Bagian bawahnya akan dibuat dari bahan yang keras agar tidak mudah aus ketika bergesekan dengan aspal.

  • Sepatu Lari di Pegunungan

Sepatu lari trail, yaitu sepatu lari yang dirancang khusus untuk medan off-road seperti pegunungan yang dipenuhi dengan batu, lumpur, dan hambatan lainnya. Bagian tapak kaki atau bantalan kaki biasanya akan lebih tebal dengan mengandalkan material yang lembut untuk melindungi kaki ketika sepatu menginjak benda-benda keras seperti batu dan semacamnya. Bagian traksinya akan lebih solid sehingga stabilitas pelari akan tetap terjaga walaupun berlari di lintasan yang bergerunjal dan cenderung tidak datar.

  • Sepatu Lari dalam Ruangan

Sepatu latihan dalam ruangan, yaitu sepatu lari yang dirancang untuk latihan di gym atau di dalam ruangan. Sepatu ini biasanya dilapisi dengan anti-slip sehingga kalaupun digunakan di lintasan yang cenderung licin seperti treadmil dan di atas ubin/ keramik, tidak akan membuat pelari tergelincir atau terjatuh. Bagian platformnya biasanya dibuat ganda atau lebih dari satu untuk menjaga keseimbangan penggunanya.

Itulah beberapa tips memilih sepatu lari yang aman dan tepat. Sepatu yang ideal bukan hanya nyaman ketika dicoba dengan berdiri, melainkan dicoba dengan berlari. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyesuaikan sepatu lari yang dipilih dengan bentuk kaki dan gaya berlari. Misalnya Anda yang memiliki gaya berlari dengan lebih banyak bertumpu pada tumit, maka pilihlah sepatu dengan sole bagian belakang yang tebal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *