Serba-Serbi Fashion Hijab di Indonesia

Posted by

Beberapa tahun terakhir, tren fashion muslimah di Indonesia memang mengalami peningkatan, banyak wanita muslimah yang berbondong-bondong menggunakan hijab, apalagi saat ini fashion hijab pun sudah beraneka ragam dan tidak monoton seperti satu atau dua dekade lalu.

Jika pada tahun 90-an, penggunaan hijab hanya dengan hijab segiempat atau kerudung untuk menutupi sebagian kepala, saat ini mulai bermunculan beraneka ragam jenis hijab, dari yang berbentuk segiempat, pashmina, khimar, hingga hijab syar’i yang ukurannya cukup besar.

Gaya fashion hijab saat ini juga cenderung modern, para muslimah tak ragu lagi untuk memadu padankan atau membentuk hijab dengan beragam style atau gaya. Dari sekadar gaya kasual, gaya lilit, turban, hingga gaya lainnya yang banyak dipraktekkan oleh para muslimah.

Gaya-gaya hijab yang beraneka ragam ini pun banyak digunakan oleh para muslimah, tak sulit untuk menggunakan atau membuat gaya hijab beraneka rupa ini, apalagi sekarang banyak tersedia tutorial penggunaan hijab yang bisa ditemukan di berbagai macam media, seperti instagram, facebook, dan yang paling banyak digunakan sebagai media penyebar tutorial ini adalah youtube. Ada ratusan, bahkan ribuan jenis tutorial hijab yang bisa dilihat dan diunduh lewat youtube, baik itu hijab gaya kasual, gaya formal, gaya untuk ke kantor, hingga untuk acara-acara penting seperti wisuda dan pernikahan.

Saat ini juga banyak tersedia pilihan bahan hijab seperti katun, sifon, rajut, dan lain sebagainya. Corak-corak yang bisa dipilih pun datang dan pergi silih berganti sesuai dengan tren yang ada, ada saatnya corak hijab monokrom menjadi tren, ada pula saat dimana hijab warna gradasi disukai, namun ada kalanya corak-corak tersebut menghilang dari peredaran tren hijab dan berganti dengan corak-corak etnik. Namun, yang tentunya tak pernah ketinggalan zaman adalah penggunaan hijab dengan warna-warna polos yang tentunya bisa digunakan kapan saja dan dimana saja, serta bisa dikreasikan dalam berbagai macam gaya dan bentuk.

Tak bisa dipungkiri, bahwa sekarang hijab telah masuk ke dalam ranah industri, dimana semakin banyak merk hijab yang ditawarkan kepada para muslimah penggunanya. Tak hanya hijab yang dproduksi oleh merk-merk ternama, namun juga banyak hijab yang diproduksi oleh skala rumahan. Hal ini tentunya menjadi sebuah sinyal kebangkitan, khususnya di dunia industri di tanah air. Apalagi jika dilihat di media sosial atau situs online saat ini, ada ratusan atau bahkan ribuan orang yang menawarkan hijab dengan beragam mode, warna, dan corak.

Dengan berkembangnya hijab di Indonesia, maka tak bisa dipungkiri bahwa saat ini Indonesia bisa dikatakan sebagai kiblat fashion hijab di dunia yang mana gaya hijab, corak, dan bahan hijabnya seperti item fashion lainnya yang selalu mengalami perubahan secara periodik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *