Tips Memilih Tas Punggung untuk Mahasiswa

Posted by

Tas punggung merupakan salah satu kebutuhan mendasar bagi para mahasiswa. Oleh karena itu sebelum membeli harus dipastikan beberapa hal agar tidak menyesal di kemudia hari. Dan berikut ini adalah tips memilih tas punggung untuk mahasiswa.

Fungsi

Para mahasiswa seringkali menggunakan tas punggung tak hanya untuk kuliah saja, namun juga ada yang menggunakannya untuk travelling, atau sekadar jalan-jalan ke Mall. Oleh karena itu, sebelum membeli harus diketahui apa fungsi dari tas yang akan dibeli. Untuk kuliah atau sekadar untuk jalan-jalan. Jika digunakan untuk kuliah, maka pilih tas punggung yang dimesinya cukup besar yang bisa memuat beragam benda, seperti buku, laptop, juga berkas-berkas makalah atau skripsi. Pilih yang memiliki ruang sendiri untuk laptop, sehingga laptop akan tetap aman.

Sedangkan jika hanya ingin membeli tas punggung untuk jalan-jalan, bisa pilih tas punggung yang ukurannya lebih kecil, bisa digunakan untuk tempat beberapa buku serta cukup ringan ketika dibawa jalan-jalan atau travelling.

Berat Tas

Jangan membeli tas yang berat. Apabila tas memiliki bobot yang berat ditambah isi tas juga banyak, tentunya beban yang akan diterima oleh pundak akan berlipat. Hal ini tentunya tak baik untuk kondisi kesehatan pundak. Berat ideal dari sebuah tas adalah kurang dari 10% dari total berat badan pengguna.

Kualitas Tas

Tips memilih tas selanjutnya adalah kualitas tas. Tas yang memiliki harga mahal belum tentu awet dan tahan lama. Maka dari itu, bahan tas harus diperiksa secara sama, selain itu periksa juga bagian jahitannya, jangan sampai ada jahitan yang lepas atau tidak kuat. Cermati bagian jahitan, resleting, tali, dan lain sebagainya. jangan sampai karena tidak cermat ketika membeli membuat penyesalan di kemudian hari karena tas akhirnya tidak awet dan cepat rusak.

Harga

Ada orang yang membeli tas punggung karena merknya yang sudah ternama, meski begitu, bagi mahasiswa yang masih mengandalkan subsidi dari orangtua harus menyesuaikan harga tas dengan budget yang dimiliki. Tak ada salahnya juga untuk membeli tas produksi lokal, yang terpenting adalah kualitasnya dan fungsinya.

Coba Sebelum Membeli

Tips selanjutnya adalah sebelum membeli hendaknya coba dulu tas yang akan dibeli, apakah pas dengan postur tubuh? Nyaman ataukah tidak. Untuk pemilih tubuh mungkil, hendaknya tidak membeli tas dengan ukuran yang terlalu besar, karena membuat tampilan menjadi tidak seimbang. Biasanya di toko tas tersedia cermin, cobalah tas di depan cermin, sehingga dapat mengetahui bagaimana penampilan diri ketika menggunakan tas tersebut.

Tips memilih tas punggung untuk mahasiswa ini  dapat memudahkan para mahasiswa untuk memilih tas yang baik dan tepat.  Agar tidak menyesal di kemudian hari karena kesalahan memilih tas ketika membeli.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *