Tips Memilih Baju di Toko Online

Posted by

Berbelanja online memang memberikan kemudahan dalam proses transaksi, khususnya bagi pembeli. Proses berbelanja online yang relatif mudah dan simpel juga menjadi keuntungan bagi calon pembeli. Namun, keuntungan-keuntungan yang ditawarkan dari berbelanja online tersebut akan menghasilkan kekecewaan jika barang atau baju yang kita pesan dan beli di toko online tidak sesuai dengan apa yang diinginkan ketika baju tersebut sudah sampai di alamat kita. Untuk itu, setiap pembeli yang berbelanja online harus cerdas dan hati-hati dalam berbelanja agar tidak kecewa. Berikut ini adalah beberapa tips memilih baju di toko online.

Memastikan Bahan atau Material Baju

Satu dari sekian hal yang menjadi kekecewaan dari pembeli ketika sudah menerima baju yang dipesannya adalah bahannya yang kasar dan tidak nyaman ketika dipakai. Umumnya, para pembeli baju di toko online hanya tergiur dengan model dan desain pakaian sebagaimana yang ditampilkan di toko online tanpa melakukan klarifikasi lebih jauh tentang bahan pakaian tersebut. Untuk itu, setiap pembeli yang berbelanja baju di toko online wajib mencari tahu bahan atau material baju yang akan dibelinya. Biasanya, pemilik toko online akan menulis spesifikasi dan kriteria masing-masing baju dengan sangat lengkap, mulai dari bahan hingga harganya. Namun, tidak sedikit pula toko baju online yang hanya memajang foto baju yang akan dijualnya tanpa memberikan keterangan yang lengkap. Tugas pembeli adalah bertanya secara detail bahan baju yang akan dibelinya, sehingga nantinya tidak merasa kecewa ketika barang yang dipesan sudah diterima.

Memastikan Ukuran

Tips memilih baju yang tepat di toko online yang berikutnya adalah memastikan ukuran baju tersebut secara detail. Seringkali, pembeli baju di toko online hanya terpaku pada keterangan ukuran sebagaimana yang dicantumkan di keterangan pada situs atau lapak penjual online, tanpa mencari tahu lebih jauh detail ukuran baju tersebut. Padahal, tidak setiap baju yang memiliki jenis ukuran sama memiliki detail ukuran yang sama pula. Sebagai contoh, ukuran L sebuah merk seringkali berbeda dengan ukuran L dari merk lain. Jika tidak teliti dalam memilih ukuran, maka rentan salah membeli. Cara yang paling bijak dalam memilih ukuran baju adalah bertanya kepada si pembeli. Sebutkan ukuran tinggi badan dan berat badan sehingga pembeli bisa memilihkan ukuran yang tepat. Misalnya, dengan bertanya: “Ukuran yang tepat untuk orang dengan berat badan 55 Kg dan tinggi badan 165 cm kira-kira ukuran apa ya?” Dengan bertanya demikian, maka si penjual akan memberikan usulan mengenai ukuran baju yang sesuai.

Itulah beberapa tips memilih baju di toko online. Sebagai pembeli, tentu kita harus hati-hati dan teliti. Berhati-hati dan cerewet sebelum membeli tentu lebih baik daripada merasa kecewa setelah membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *