Tips Memilih Sepatu untuk Bayi

Posted by

fashiokita.com-sepatu bayiOrang tua yang baru memiliki bayi tentunya sangatlah bahagia dan selalu ingin memberikan tampilan terbaik bagi bayi, salah satunya adalah pada sisi fashionnya, yaitu dengan memilihkan pakain serta sepatu yang terbaik. Akan tetapi, untuk memilih sepatu bayi tidak boleh asal atau sembarangan. Berikut ini adalah tips memilih sepatu bayi yang tepat:

  • Sesuai Usia dan Kemampuan Bayi

Sepatu untuk bayi ternyata bermacam jenisnya tergantung pada usia serta kemampuan bayi: Untuk bayi yang sedang belajar merangkak, sebaiknya pilih sepatu dengan punggung tebal serta tanpa tali, sehingga ketika bayi merangkak di lantai, punggung kakinya akan terlindungi. Untuk bayi yang mulai belajar merambat, pilihkan sepatu yang memiliki bagian luar yang tebal dan kokoh sehingga akan memberikan perlindungan pada kaki bayi saat merambat. Sedangkan untuk bayi yang sudah mulai belajar berjalan, pilih sepatu yang bagian tumitnya kokoh sehingga ketika bayi melangkah, sepatu tersebut dapat menjaga tumit kaki bayi dengan baik.

Sebaiknya sepatu untuk bayi diganti setiap 2-3 bulan untuk menyesuaikan perkembangan dan pertumbuhan bayi. Sehingga perkembangan kaki dan kemampuan jalannya bisa lebih maksimal.

  • Nyaman Digunakan

Selain sepatu harus kuat serta kokoh, sepatu juga harus bisa menunjang kaki bayi saat melangkah, tidak terlalu sempit, juga tidak terlalu longgar, memiliki bentuk yang ergonomis sehingga bisa menutup kaki bayi serta membuat langkahnya nyaman.

  • Model Tertutup

Sepatu untuk bayi sebaiknya menggunakan model yang tertutup, sehingga mampu membentuk kaki bayi secara normal.

  • Bahan yang Lentur dan Fleksibel

Tips memilih sepatu bayi selanjutnya adalah dengan memilih sepatu berbahan lentur. Pada bagian dalam pilih juga yang memiliki bahan lembut sehingga kaki bayi aman dari iritasi, atau bisa juga memilih sepatu berbahan kain yang mampu menyerap keringat dengan baik, sehingga bayi akan merasa nyaman ketika mengenakannya.

  • Ukuran Sepatu yang Tepat

Ukuran sepatu untuk bayi tentunya tak boleh terlalu longgar namun tidak boleh juga terlalu sempit, idealnya pilih sepatu yang ketika dikenakan bayi masih menyisakan ruang di ujung kaki bayi dengan ukuran maksimal 1,5 cm.

  • Bentuk / Model Sepatu

Saat ini memang banyak dijual sepatu bayi berbentuk unik dan lucu, akan tetapi jangan tergiur pada model atau bentuk saja, tapi juga harus memperhatikan kenyamanan bayi. Misalnya pilih sepatu yang pada ssi kanan dan kiri ada bantalannya sehingga kaki bayi tidak cepat lelah.  Pilih model sepatu yang berujung bulat atau lojong. Sol sepatunya pun harus cukup lebar agar bisa menopang kaki bayi dengan baik, pilih juga sol yang tidak terlalu tinggi agar bayi tidak lelah atau tergelincir.

Tips memilih sepatu bayi ini bisa mulai diaplikasikan pada bayi yang baru lahir hingga berusia 2 tahun. Sepatu bayi memang haruslah dikenakan, selain membuat bayi terlihat fashionable, juga membuat kaki bayi lebih hangat dan nyaman, terutama ketika diajak keluar rumah.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *