Tips Memilih Tas Punggung Multifungsi

Posted by

Dalam berkegiatan alam bebas, tas punggung menjadi wadah yang memuat barang-barang keperluan dalam berkegiatan tersebut. Dari mulai perlatan tidur, perlatan makan, jaket, air minum dan perlengkapan lainnya yang sekiranya di butuhkan ketika berkegiatan di alam bebas. Berikut merupakan beberapa tips memilih tas punggung multifungsi untuk setiap kegiatan yang akan kamu ikuti. Pertama, tentukan waktu ketika akan melakukan kegiatan, cuaca sangat berpengaruh terhadap packing list yang akan di bawa dan tentunya akan berpengaruh dengan jenis tas yang akan dikgunakan, mulai dari ukuran dan fungsi yang nantinya akan menjadi patokan tingkat efektif dan efisiensi dari tas tersebut ketika digunakan di alam bebas. Telah banyak artikel yang menuliskan tentang tips memilih tas punggung multifungsi atau biasa disebut dengan carrier atau keril yang menjelaskan bagaimana memilih tas yang aman dan nyaman untuk anda gunakan.

Cuaca sangat berpengaruh dengan pemilihan tas yang cocok untuk digunakan. Mengapa demikian? Karena ketika cuaca sedang hujan, perlengkapan yang dibutuhkan lebih banyak di bandingkan dengan cuaca panas. Selain itu lama waktu perjalanan pun akan sangat berpengaruh dengan beban yang di bawa. Untuk cuaca panas, kebutuhan yang di bawa akan muat dalam tas ukuran 30-40L jika waktu perjalanan kurang dari 6 minggu dan akan bertambah kira-kira 10 L jika dalam cuaca hujan. Jika dalam kondisi cuaca panas dan waktu perjalanan lebih dari 6 minggu, maka akan dibutuhkan tas dengan ukuran 45-55L dan 55-65 L jika cuaca hujan. Namun, data tersebut bersumber pada infogram yang dibuat pada daerah sub-tropis. Perlu penyesuaian jika kegiatan dilakukan pada iklim tropis. Pada iklim tropis, dengan kondisi mayoritas hutan hujan tropis, maka perlengkapan yang dibutuhkan jauh lebih banyak.

Bagaimana dengan ukuran tas setelah di isi dengan perlengkapan pribadi dan juga peralatan kelompok? Dalam kondisi demikian, cara berkemas sangat mempengaruhi ukuran dan tingkat efektifitas ketika tas tersebut di gunakan. Dengan berpikir kecil, maka ukuran tas yang cocok adalah berukuran ⅓ dari berat badan pengguna. Dengan ukuran demikian, diharapkan beban yang dibawa masih mampu dibawa sendiri tanpa perlu bantuan orang lain. Hal ini juga dipengaruhi oleh distribusi dari penempatan barang-barang ketika dimasukkan ke dalam tas. Beban yang lebih berat biasanya di taruh di bagian dekat punggung, untuk tas dengan frame dalam. Atau di bagian atas dekat dengan kepala untuk jenis tas yang memiliki frame tas di luar. Perlu di perhatikan bahwa setiap tas yang layak adalah tas yang memiliki tiga hal yang digunakan sebagai penahan beban, yaitu straps pada bahu, dada dan pinggang. Jika salah satu dari tiga hal ini tidak tersedia maka sebaiknya jangan menggunakan tas tersebut. Hal ini merupakan hal mendasar dalam tips memilih tas punggung.

Dalam barang-barang yang dibawa, terdapat beberapa barang yang perlu dengan mudah dan cepat di raih, sehingga tas dengan kantong-kantong kecil di sekeliling akan sangat bermanfaat, namun di satu sisi juga akan memberatkan jika tidak di atur dengan baik. Hal-hal seperti passport, tanda pengenal, P3K, senter, jas hujan dan pisau merupakan hal-hal yang akan dibutuhkan dalam waktu yang singkat jika keadaan darurat. Dalam memilih bahan tas pun perlu di perhatikan apakah bahan tersebut tahan air atau tidak. Perhatikan jahitan dan kekuatan setiap bagian dari tas apakah ada jahitan yang lepas atau terlihat kurang kokoh. Pastikan terdapat tempat untuk botol minuman dan loop webbing, yang nanti akan bermanfaat untuk menggantungkan barang-barang. Hal terakhir yang disebutkan tadi pada dasarnya tidak disarankan karena barang-barang yang menggantung akan cenderung lebih tidak aman jika di bandingkan di taruh di dalam. Hal ini memang tergantung dengan tipe dan karakter dari masing-masing penggiat alam. Tips memilih tas yang nyaman dan aman ini mudah-mudahan bisa memberikan pengetahuan serta pilihan yang bisa di gunakan bagi mereka yang hendak membeli tas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *