Tips Memilih Tas Sekolah untuk Anak

Posted by

Melihat anak yang terus tumbuh dan berkembang merupakan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua, apalagi jika anak sudah memasuki usia sekolah. Orang tua akan selalu memilihkan hal yang terbaik terkait pendidikan anaknya, mulai dari sekolah terbaik, bahkan hingga hal-hal mendetail seperti sepatu terbaik dan tas sekolah terbaik. Orang tua memang harus selalu memberikan yang terbaik bagi anaknya sebab setiap pilihan orang tua akan sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang si anak, termasuk pula dalam hal memilihkan tas sekolah untuk dipakai anak. Memilih tas yang salah akan menghambat tumbuh kembang si anak karena bobotnya yang terlalu berat, atau dari segi model yang memberi beban tidak rata pada bahu anak. Dalam memilih tas untuk anak, begitu banyak hal yang harus dipertimbangkan orang tua agar si anak bisa nyaman menggunakan tas tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips memilih tas sekolah untuk anak.

Ukuran yang Disesuaikan dengan Tubuh si Anak

Dalam memilihkan tas terbaik untuk anak, orang tua harus mempertimbangkan ukuran tas tersebut, yang harus disesuaikan dengan lebar punggung si anak. Jangan memilih tas yang ukurannya lebih lebar dari punggung si anak, sebab setiap ukuran tas didesain untuk menampung bobot isi dalam jumlah tertentu. Semakin besar ukuran tas, maka akan semakin besar pula daya tampungnya. Tas dengan daya tampung yang besar atau terlalu berat akan menghambat tumbuh kembang si anak karena anak akan mendapatkan beban yang terlalu besar di bahunya. Imbasnya, si anak bukan hanya akan sering mengeluh mudah keseleo, tapi proses perkembangan yang berkaitan dengan tinggi tubuh akan terhambat.

Memilih Ransel Dua Tali

Tips memilih tas untuk anak selanjutnya adalah dengan membelikan tas model ransel dua tali. Tas ransel dua tali yang membebani kedua bagian bahu sangat disarankan untuk dipakai anak. Sebaliknya, tas pinggang yang talinya hanya membebani satu bagian bahu harus dihindari. Dengan memakai tas ransel dua tali, beban muatan tas tersebut akan terbagi rata antara bahu kanan dan bahu kiri, sementara tas pinggang yang hanya memiliki satu tali akan membebani salah satu sisi bahu saja, sehingga anak akan timpang dan lebih mudah keseleo.

Tas Dengan Desain yang Unik dan Lucu

Anak kecil memang menggemari tas dengan desain yang unik dan lucu, baik dari segi kombinasi warna atau gambar yang menjadi motif tas tersebut. Di luar ukuran dan model tas, orang tua juga harus memilihkan tas dengan desain yang unik dan lucu yang disukai anak. Hal tersebut akan membuat anak akan merasa nyaman dan menambah percaya dirinya. Rasa percaya diri yang tumbuh karena memakai tas tertentu akan berpengaruh pada sisi psikologis si anak sehingga akan lebih bersemangat pergi ke sekolah.

Itulah beberapa tips memilih tas sekolah untuk anak-anak. Dukunglah kegiatan belajar anak dengan membelikan tas terbaik sehingga anak akan lebih semangat dalam belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *