Tips Memilih Baju yang Aman untuk Bayi

Posted by

Menunggu kelahiran seorang anak memang merupakan saat-saat yang mendebarkan bagi orang tua. Setelah masa kelahiran yang menegangkan berhasil dilewati, orang tua tentu akan sangat bahagia, sehingga terlalu antusias untuk mendandani anak yang baru lahir tersebut. demi mempertimbangkan rasa aman dan nyaman bagi bagi, orang tua harus memilihkan baju yang nyaman bagi bayi, bukan sekadar asal memilih baju yang lucu dan unik. Orang tua seringkali terlalu gemas melihat bayinya sehingga mereka ingin memakaikan segala sesuatu yang mereka anggap lucu. Padahal sejatinya, bayi membutuhkan rasa nyaman. Orang tua harus mengesampingkan egonya dengan memilihkan baju yang benar-benar cocok untuk bayi, yang disesuaikan dengan ukuran tubuh dan usia si bayi. Berikut ini adalah beberapa tips memilih baju yang aman untuk bayi.

Bahan Pakaian yang Lembut dan Hangat

Hal terpenting dalam memilihkan baju untuk bayi adalah bahan yang ringan, lembut, dan hangat, sehingga bayi akan merasa nyaman. Baju berbahan dasar katun sangat disarankan untuk dipakaikan pada bayi. Selain memiliki tekstur yang lembut dan ringan, kain katun juga akan memberikan kehangatan pada bayi ketika memakainya. Katun juga memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik. Hindari baju dengan bahan-bahan yang mudah membuat gerah, karena bayi akan mengeluarkan banyak keringat dan berpotensi menjadi bakteri yang membuat iritasi kulit. Baju dengan bahan nilon dan parasut sangat tidak disarankan karena memiliki tekstur yang kasar dan akan membuat bayi mudah berkeringat.

Jangan Memakaikan Baju dengan Aksesoris Berlebihan

Orang tua seringkali terlalu antusias untuk memakaikan hal-hal baru pada bayinya, sehingga sering memilihklan baju dengan aksesoris berlebihan sehingga terkesan lucu. Memakaikan baju dengan aksesoris berlebihan sebaiknya dihindari oleh orang tua karena akan membebani bayi dan membuat bayi tidak nyaman. Tips memilih baju yang nyaman bagi bayi adalah dengan memilihkan baju yang simpel dan praktis digunakan. Jangan pilihkan baju bayi yang memiliki aksesoris tambahan yang mengandung bahan mudah berkarat dan kasar seperti resleting dan kancing logam, hindari juga aksesoris yang mengandung banyak tali karena dikhawaritkan akan melilit si bayi ketika bayi aktif bergerak.

Pilih Ukuran Baju yang Benar-benar Pas

Tips memilih baju untuk bayi selanjutnya adalah memilihkan baju dengan ukuran yang benar-benar pas. Baju yang terlalu longgar akan membebani bayi karena bahannya akan jatuh ke badan si bayi sehingga bayi akan tertimpa baju yang kebesaran. Sementara baju yang terlalu ketat akan membatasi gerak si bayi dan akan membuat bayi lebih mudah berkeringat, merasa tercekik, sehingga bayi akan gampang gelisah karena merasa tidak nyaman. Memilihkan baju dengan ukuran yang benar-benar pas (tidak terlalu kebesaran atau kekecilan) merupakan langkah bijak yang harus dipilih orang tua agar bayi dapat bergerak dengan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *