Tips Memilih Sepatu Olahraga

Posted by

Olahraga merupakan kebutuhan manusia untuk menjaga agar tubuhnya tetap sehat. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, dalam kurun waktu satu dekade terakhir, mulai terjadi pergeseran fungsi dari olahraga yaitu sebagai gaya hidup untuk merinteraksi dengan penduduk sekitar di waktu senggang atau di waktu libur bekerja. Terdapat banyak sekali jenis olahraga, mulai dari olahraga yang dapat dilakukan secara mudah di sela kesibukan sehari-hari hingga olahraga yang kemudian berkembang menjadi industri. Dalam kategori peruntukannya yang pertama dan utama, yaitu olahraga untuk menyehatkan tubuh yang dapat dilakukan di sela-sela kesibukan harian, olahraga dapat dilakukan dengan mudah. Tidak terlalu mengeluarkan beaya yang sangat mahal, olahraga dapat dilakukan dengan murah, dan cukup dengan berbekal sepatu. Namun tidak semua sepatu cocok digunakan ketika berolahraga, terdapat sepatu khusus yang memang didesain untuk dikenakan ketika berolahraga. Berikut ini adalah beberapa tips memilih sepatu olahraga yang aman digunakan.

Memilih Sepatu dengan Midsole yang Lembut

Midsole merupakan bagian sepatu sebelah dalam yang menopang telapak kaki atau tempat berpijaknya telapak kaki. Dalam memilih sepatu olahraga, sebaiknya kita memilih sepatu dengan permukaan atau bahan midsole yang lembut, sehingga kaki kita dapat berpijak dengan nyaman dan tidak kasar ketika melangkah dengan sepatu tersebut. Sepatu dengan midsole yang lembut dapat berfungsi untuk mengurangi risiko cedera atau ringan yang disebabkan oleh salah memijak atau tidak sengaja menginjak benda-benda tumpul di jalanan atau di tempat melakukan olahraga. Midsole yang lembut akan melindungi telapak kaki dengan baik.

Baca juga: SEPATU SNEAKERS TERNYATA ADA BANYAK JENISNYA, CEK DULU YANG SESUAI GAYA PENAMPILANMU!

Memilih Sepatu yang Memiliki Sandaran di Bagian Tumit

Ketika melakukan olahraga yang melibatkan kaki, seperti misalnya berlari, tumit merupakan bagian kaki yang menjadi tumpuan utama. Untuk itu, memilih sepatu yang difasilitasi dengan sandaran di bagian tumit sangat dianjurkan, agar ketika berpijak dan menjejak, tumit terlindung dari kemungkinan berbenturan dengan benda-benda keras. Jika tumit menginjak benda yang keras, seluruh persendian kaki akan mudah terkilir. Tips memilih sepatu dengan pelindung atau sandaran di bagian tumit sangat dinajurkan untuk melindungi tumit dari benturan dan gesekan yang menyebabkan lecet.

Sole yang Dilengkapi Anti Slip

Salah satu faktor yang membuat seseorang cedera ketika berolahraga adalah terjatuh karena licin. Penyebab jatuhnya seseorang ketika berolahraga adalah faktor tempat berolahraga yang memang licin. Namun tidak jarang, seseorang yang berolahraga terjatuh karena sepatunya yang memang licin. Oleh karena itu, memilih sepatu dengan sole yang dilengkapi dengan lapisan dan didesain anti slip sangat dianjurkan. Sole merupakan bagian permukaan bawah sepatu atau bagian alas yang bersentuhan langsung dengan jalan atau lantai. Sole yang licin akan mengakibatkan pemakainya mudah terjatuh. Saat ini, sudah banyak sepatu olahraga yang dilengkapi dengan lapisan anti licin atau anti slip sehingga aman digunakan ketika berolahraga.

Itulah beberapa tips memilih sepatu olahraga. Faktor keamaanan dan kenyamanan harus selalu dipertimbangkan setiap akan memilih sepatu olahraga yang akan dikenakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *