Mengenal Bahan Baju untuk Seragam Sekolah

Posted by

Setiap tahun ajaran baru, salah satu perlengkapan sekolah yang banyak diburu oleh para orangtua adalah seragam sekolah. Ada banyak jenis seragam sekolah yang dijual di pasaran, akan tetapi para orangtua tentunya ingin memilih yang terbaik bagi buah hatinya. Oleh karena itu para orangtua perlu mengenal bahan baju untuk seragam sekolah yang awet dan tidak cepat rusak.

Selain membeli seragam dalam bentuk jadi di toko, banyak pula orangtua yang memilih untuk menjahitkan sendiri kain seragam ke penjahit agar lebih pas dan sesuai selera. Maka dari itu, orangtua harus bisa memilih bahan baju untuk seragam sekolah yang tepat bagi putera-puterinya.

Seragam sekolah memang mempunyai model yang monoton dari tahun ke tahun, hal ini karena terkait tata tertib sekolah agar tidak ada kesenjangan antara murid kaya dan murid dari golongan keluarga yang kurang mampu.

Kain yang biasa dipakai untuk seragam sekolah biasanya bisa dibeli di koperasi sekolah, meskipun begitu orangtua pun tidak dilarang jika ingin membeli kain di toko kain langganan, karena yang terpenting adalah memiliki warna serta bentuk jahitan seragam sekolah yang sama.

Sebagian besar seragam sekolah di Indonesia biasanya memakai jenis kain drill, katun, oxford. Sedangkan jika berdasar standar seragam yaitu menggunakan TC Dakron. Kain ini sama seperti yang digunakan untuk seragam spg dan seragam rumah sakit, banyak yang memilih jenis kain ini karena memang nyaman ketika dikenakan.

TC Dakron juga mempunyai tingkat kehalusan yang tinggi sehingga nyaman dipakai. Selain jenis TC Dakron, kain yang banyak digunakan adalah Oxford karena lebih tebal dan tidak transparan, selain itu kain ini juga mempunyai pori-pori yang baik sehingga cocok apabila digunakan untuk seragam sekolah di kawasan dataran tinggi atau wilayah bersuhu dingin.

Baca juga: MODEL TAS RANSEL KHUSUS ANAK ANAK MEMBUATNYA SEMANGAT BELAJAR KE SEKOLAH

Selain seragam utama yang berwarna putih, di beberapa sekolah juga ada yang memiliki seragam berupa rompi tambahan. Untuk jenis ini biasanya digunakan kain Cotton Acrylic yang mempunyai beraneka ragam corak serta motif. Sedangkan untuk pilihan rok serta celana seragam, bahan yang banyak digunakan adalah kain jenis Drill, baik itu Drill Japan maupun Dril USA.

Meski ada banyak jenis kain di pasaran, selain melihat kontur kain, harus dipertimbangkan pula kenyamanan anak ketika memakainya. Selain itu, jangan lupa sesuaikan dengan anggaran yang ada, sehingga akan bisa dihitung lebih rinci, apakah lebih hemat membeli seragam di toko ataukah membeli kain sendiri dan membawanya ke penjahit.

Itulah beberapa jenis bahan baju yang bisa dipilih ketika membuat seragam. Sebisa mungkin pilih kain yang awet dan tidak mudah rusak, karena hal ini juga merupakan penghematan karena tidak perlu memberi seragam sekolah setiap datangnya tahun ajaran baru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *