Tren Rok Muslimah Berbahan Sifon

Posted by

Semakin maraknya dunia fashion muslimah, semakin beragam pula desain busana yang bisa dipilih oleh para muslimah. Salah satunya adalah rok muslimah yang kini memiliki banyak jenis dan model, salah satunya adalah rok panjang dengan bahan sifon.

Beberapa tahun belakangan, rok sifon memang tengah naik daun di kalangan para hijabers di Indonesia, selain memiliki bahan yang ringan, juga karena memiliki beragam warna yang bisa dipadupadankan dengan berbagai jenis atasan.

Kata sifon sendiri sebenarnya memiliki arti kain yang ringan, transparan, tipis, serta ditenun dengan pola yang seragam. Sehingga apabila diperhatikan lebih dekat, kain sifon mempunyai pola serupa jaring-jaring halus yang tembus pandang.

Kain sifon bukanlah jenis kain baru karena sudah dikenal sejak 1902 dan merupakan kain yang banyak disukai oleh para pecintai fashion dari dulu hingga sekarang. Model tenunan kain sifon sebenarnya merupakan yang tertua dengan penggunaan benang tipe Z twist dan S twist.

Meski memiliki tekstur yang tipis, akan tetapi sifon mempunyai tekstur kain yang kasar, sehingga akan terasa dingin apabila digunakan karena tidak dapat menahan panas yang muncul di sekitar tubuh.

Kain sifon merupakan salah satu jenis kain yang bisa digunakan untuk segala suasana karena bisa digunakan untuk acara formal seperti gaun malam atau dress, juga bisa digunakan untuk acara non formal seperti lingerie serta piyama.

Untuk baju formal, kain sifon biasanya dipakai untuk melapisi bagian luar pakaian sehingga menimbulkan kesan mengambang atau floating.

Baca Juga: BERAGAM JENIS ROK WANITA YANG ADA DI DUNIA

Ada banyak jenis kain yang digunakan untuk membuat kain sifon, seperti rayon, katun, atau poliester, akan tetapi jika menginginkan kain sifon yang berkualitas, maka harus mencari kain sifon berbahan sutera yang dikenal memiliki tekstur paling halus, lembut serta mahal. Hal ini tertunya sebanding dengan harga kain sifon sutera yang mahal.

Sedangkan jika menginginkan kain sifon yang murah bisa menggunakan sifon yang berasal dari serat atau fiber sintetis. Selain itu sifon dari poliester juga bisa menjadi pilihan karena bahannya yang tahan lama dan tidak mudah sobek.

Bahan pembuatan rok muslimah berbahan sifon yang saat ini banyak dijual di pasaran bukanlah sifon yang mahal, karena rok ini memang bukan diperuntukkan untuk acara formal, melainkan untuk acara non formal seperti jalan-jalan atau berkunjung ke rumah teman.

Rok sifon sendiri memiliki tekstur yang tipis, oleh karena itu desainnya seringkali dibuat bertumpuk dan pada bagian dalam diberi kain pelapis yang tidak transparan agar bisa digunakan oleh para muslimah.

Rok muslimah berbahan sifon memang sedang menjadi tren, akan tetapi yang perlu diingat tak hanya cara memadupadankannya saja, melainkan juga harus memperhatikan
cara perawatannya. Hendaknya mencuci sifon dengan tangan, bukan mesin cuci karena bisa merusak kain sifon yang cenderung tipis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *