Inilah Tips Memilih Sepatu Lari yang Sesuai

Posted by

Setiap pelari pasti ingin berlari dengan kencangnya tanpa kenal lelah dan sakit yang melanda. Bagi Anda yang tergolong sebagai pelari seperti itu, Anda harus waspada. Karena efek yang ditimbulkan sangatlah berdampak nantinya. Faktor yang mempengaruhi hal itupun bisa karena sepatu lari yang dikenakan. Sepatu lari yang sesuai dan pas, tentunya akan meminimalisir masalah kaki. Inilah tips memilih sepatu lari yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Tipe telapak kaki

Apabila Anda tidak mengetahui, tipe bentuk telapak kaki Anda. Sebaiknya uji coba menggunakan kertas berwarna coklat. Yang kemudian basahi kaki Anda, dan injak kan kepada kertas coklat tersebut. Cekungan kaki dapat dilihat dari tidak ada, rendah, atau tinggi. Sepatu netral untuk kaki yang melengkung tinggi. Sepatu stabilitas cocok untuk kaki normal. Sepatu kontrol gerak untuk telapak kaki rata.

  • Membeli di malam hari

Ketika malam tiba, bentuk kaki menjadi lebih besar dibandingkan dengan bentuk kaki di pagi hingga sore hari. Ini dikarenakan, aktivitas yang dilakukan sedari pagi hingga sore membuat kaki menjadi letih dan membesar dari ukuran biasanya.

  • Berat Sepatu

Berat sepatu sangatlah memiliki dampak yang signifikan. Jika berat sepatu tergolong ringan, maka kecepatan berlari yang diinginkan dapat dicapai sesuai harapan. Berkebalikan dengan itu, jika berat sepatu relatif berat. Rasa pegal dan kecepatan berlari menjadi begitu abalnya. Pasalnya kaki menjadi tidak dapat bergerak ringan ke udara karena beban sepatu yang harus ditanggung.

Baca juga: INI TIPS MEMILIH SEPATU YANG COMFORTABLE

  • Bahan peredam

Saat manusia berlari dan kaki diinjakan ke tanah, tegangan hentakan kaki atau impuls telah dihasilkan olehnya. Apabila kaki terus-menerus mendapatkan impuls yang besar, maka kaki akan cidera. Terlebih lagi jika speed berlari lebih kencang, pastinya membuat kaki akan semakin sakit. Sehingga diperlukan sifat bahan peredam yang baik, agar kaki tidak cidera.

  • kelenturan

Pilihlah sepatu lari yang memiliki elastisitas yang tinggi. Semakin lentur sepatu Anda, maka semakin mudah gerak kaki yang Anda inginkan. Berbagai medan terjal untuk berlari dapat ditempuh dengan mudahnya. Terlebih lagi, ini akan menimbulkan rasa nyaman pada kaki si pemakai.

  • Bentuk kaki

Bentuk kaki sangatlah beragam, sehingga tak tentu kenyamanan satu orang dapat dirasakan oleh orang yang lainnya walaupun memakai sepatu dengan jenis dan merek yang sama. Bentuk kaki disesuaikan dengan tulang kaki yang ada. Tips memilih sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki adalah dengan mencoba berjalan terlebih dahulu.

  • Ventilasi

Sepatu yang memiliki ventilasi, akan membuat angin dapat masuk dan mengisi ruang sepatu. Ventilasi berguna agar ketika pemakai sedang berlari, kaki yang diayunkan dapat lebih ringan karena angin yang berhembus dapat masuk melalui celah ventilasi. Kaki pun tidak terasa pengap. Sehingga menghindari adanya jamur yang tumbuh. Tips memilih sepatu ini dapat Anda rasakan manfaatnya ketika sudah dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *