10 Tips Memilih Sepatu yang Tepat

Posted by

Saat akan membeli sepatu, Anda mesti memilih sepatu yang lebih dari sekedar modelnya yang bagus dan modis – Anda juga harus mempertimbangkan fungsi dan kenyamanannya demi kesehatan kaki Anda. 10 tips memilih sepatu yang tepat ini diharapkan dapat membantu Anda:

  1. Cetak pola bentuk kaki Anda (dengan kertas dan bolpoin) dan bawalah saat akan membeli sepatu. Letakkan sepatu yang Anda pilih diatas cetakan pola kaki tersebut. Jika sepatu itu lebih sempit atau lebih pendek dari cetakan pola, Anda tidak perlu mencobanya.
  2. Berbelanjalah sepatu saat sore hari – kaki Anda secara alami mencapai ukuran terbesarnya setelah beraktifitas seharian.
  3. Gunakan kaus kaki dengan jenis yang sama ke toko sepatu tujuan Anda untuk dicocokkan dengan ukuran sepatu yang akan dibeli.
  4. Mintalah penjaga toko untuk mengukur kedua kaki Anda – dan pastikan selalu mengukur kaki Anda setiap Anda akan membeli sepatu baru. Ukuran kaki berubah seiring usia, seringnya bertambah besar dan lebar. Jika satu kaki berukuran lebih besar dari yang satunya, pilihlah ukuran sepatu yang cocok dengan kaki yang berukuran lebih besar.
  5. Berdiri dengan sepatu pilihan Anda. Tekan perlahan bagian atas sepatu untuk memastikan ada jarak sekitar setengah inci dari jari kaki terpanjang Anda ke ujung bagian depan sepatu.
  6. Berjalanlah berkeliling dengan sepatu pilihan Anda untuk memastikan kenyamanan sepatu tersebut di kaki Anda. Apakah ada cukup tempat untuk telapak kaki Anda? Apakah terasa sempit, atau terasa menjepit atau longgar? Jangan beranggapan bahwa sepatu tersebut hanya perlu dipakai berkali-kali agar kemudian nyaman dipakai.
  7. Tips memilih sepatu yang ini menuntut intuisi Anda. Percayalah pada tingkat kenyamanan Anda sendiri daripada ukuran dan keterangan tentang sepatu tersebut. Ukuran dapat bervariasi dari setiap pabriknya. Senyaman apapun pernyataan iklan sepatu tersebut, Andalah yang berhak menentukan.
  8. Perhatikan lebar dan panjang sepatu. Jika telapak kaki Anda terasa seperti ditekan pada jenis sepatu tertentu, Anda dapat meminta ukuran yang lebih lebar. Membeli sepatu yang berukuran setengah lebih besar – tapi tidak lebih lebar – tidak akan terlalu menyelesaikan masalah.
  9. Rasakan bagian dalam sepatu untuk melihat apakah ada label, lipatan, atau bahan lainnya yang kemungkinan akan mengiritasi kaki Anda.
  10. Periksa sepatu pilihan Anda, apakah cukup kuat untuk memberikan perlindungan terhadap benda tajam? Apakah ada bantalan yang cukup? Ingat-ingat bagaimana rasanya di kaki Anda saat Anda berjalan berkeliling di dalam toko.

Satu lagi tips memilih sepatu tambahan, pertimbangkan harga sepatu pilihan Anda. Harga biasanya sebanding dengan kualitas. Jangan Anda terburu-buru memborong sepatu hanya karena harganya sangat murah. Bukan berarti anda harus selalu membeli sepatu high-end brands dengan harga selangit, tapi harga sepatu tentunya sesuai dengan kualitas bahan, sol, dan designnya yang ergonomis.

Kaki adalah yang bagian menopang badan Anda. Maka Anda harus memilih alas kaki yang nyaman dan tidak menyebabkan cedera. Karena salah memilih sepatu apalagi bila sepatu dengan hak tinggi, dapat mengakibatkan varises yang selain membuat kaki anda tampak kurang menarik juga beresiko menjadi faktor pemicu terjadinya penyumbatan darah dan meningkatkan resiko terjadinya gagal jantung dan emboli paru-paru (Pulmonary embolism/PE). Sepatu yang sempit juga dapat mengakibatkan pegal-pegal dan sakit sepanjang tulang kaki, punggung sampai leher dan dapat menimbulkan sakit kepala. Dan banyak gangguan lainnya yang dapat terjadi akibat salah memakai sepatu.

Itulah beberapa tips memilih sepatu yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda. Sayangi kaki Anda dan selamat berburu sepatu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *