Tips Memilih Sepatu Hiking

Posted by

Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat yang ada di Indonesia. Sebagian besar pendaki tersebut adalah anak muda. Berbagai macam hal yang melatarbelakangi seseorang untuk mendaki gunung. Sebelum mendaki, terdapat beberapa perlengkapan yang harus diperhatikan dan salah satunya adalah sepatu. Sepatu hiking tidak dapat dipilih secara sembarangan karena dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan Anda saat mendaki gunung. Beberapa tips memilih sepatu hiking dapat membantu Anda untuk memilih alas kaki yang tepat.

Saat Anda memilih sepatu hiking, terdapat beberapa bagian dari sepatu yang harus diperhatikan. Bagian tersebut yaitu:

  • Padding engkel yang berfungsi untuk melindungi engkle kaki.
  • Backstray untuk melindungi tendon achiles pada belakang kaki dan jahitan sepatu belakang karena benda keras.
  • Lidah sepatu untuk melindungi atas kaki.
  • Outsole untuk memberikan traksi diantara kaki dan permukaan tanah ataupun batuan.
  • Insole agar kaki lebih nyaman saat menggunakan sepatu.
  • Midsole untuk peredam antara kaki dan permukaan bidang yang dilalui.
  • Rubber toe bumper untuk melindungi serta meredam ujung kaki saat tersandung atau berbenturan dengan benda keras seperti batu.

Tips memilih sepatu hiking yang utama adalah memilih sepatu berdasarkan rasa nyaman Anda. Kenyamanan sangat menentukan kemaksimalan Anda saat melakukan hiking. Jangan terlalu terpengaruh dengan merk tertentu karena tidak berarti merk tersebut nyaman untuk Anda kenakan. Selain kenyamanan, Anda juga harus memperhatikan kualitas dari sepatu tersebut. Jangan sampai Anda memilih sepatu yang nyaman namun mudah rusak setelah 2 kali pemakaian.

Kedua adalah perhatikan ukuran kaki dan sepatu Anda. Pemilihan sepatu untuk hiking sebaiknya 1-2 nomor diatas ukuran kaki Anda. Hal tersebut dikarenakan jika Anda memilih yang terlalu pas dengan ukuran kaki Anda, jari kaki justru akan terasa sakit dan membuat Anda menjadi tidak nyaman. Selain untuk melindungi kaki, pemilihan sepatu dengan ukuran yang lebih besar juga memudahkan Anda ketika menggunakan kaos kaki.

Ketiga adalah pilih sepatu yang dapat melindungi mata kaki Anda. Hal tersebut dikarenakan saat Anda mendaki ataupun menuruni gunung, bagian kaki adalah bagian paling rawan terluka misalnya karena ranting, akar pohon yang keluar, tergelincir ataupun tidak sengaja tersandung batu. Jika bagian engkel atau mata kaki cidera, dapat membuat pergerakan Anda menjadi terhambat serta dapat memberikan beban lebih pada teman pendaki yang lainnya. Sehingga, perlindungan bagian kaki terutama di bagian engkel dan mata kaki harus diperhatikan dengan baik.

 

Tips memilih sepatu hiking yang lainnya yaitu:

  • Pilih sepatu yang tahan air. Tujuannya adalah ketika Anda mendaki gunung, cuaca tidak dapat diprediksi dengan baik dan sepatu yang basah justru dapat menjadi hambatan Anda saat mendaki atau menuruni gunung. Jika kaki Anda tetap kering, Anda dapat mengurangi resiko terserang hypotermia.
  • Perhatikan jenis outsoule sepatu. Pilih outsole yang sesuai pada permukaan lintasan sehingga dapat membuat kaki menjadi lebih nyaman.
  • Perhatikan berat sepatu. Sepatu yang terlalu berat dapat membuat Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra.
  • Perhatikan bahan sepatu dan pilih sepatu dengan sirkulasi udara yang baik. Pemilihan sepatu dengan sirkulasi udara yang baik disebabkan untuk mengurangi sepatu dan kaki yang lembab. Jika dalam sepatu lembab atau basah, dapat mengganggu pergerakan Anda serta meningkatkan resiko Anda kedinginan yang dapat memicu resiko kesehatan lainnya seperti hypotermia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *