Tips Memilih Baju yang Tepat untuk Keperluan Wawancara Kerja

Posted by

Bekerja menjadi suatu keharusan agar orang mendapatkan pekerjaan sehingga dapat memperoleh pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, lowongan pekerjaan yang semakin lama semakin sedikit, diikuti dengan keadaan ekonomi yang labil membuat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin tinggi. Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk diterima dalam pekerjaannya dan salah satunya adalah gaya berpakaian saat sedang memasuki tahap wawancara. Tips memilih baju untuk wawancara berikut ini, dapat membantu Anda.

Pertama adalah sesuaikan pakaian dengan yang diminta oleh perusahaan. Biasanya, perusahaan sering memiliki dress code sendiri. Sebagian besar perusahaan menggunakan pakaian yang formal sehingga terlihat profesional namun beberapa perusahaan menggunakan pakaian apapun yang penting sopan. Jika Anda tidak diminta untuk berpakaian kasual, terutama jika bekerja di industri kreatif, sebaiknya gunakan pakaian yang formal agar terkesan profesional dan rapi.

Kedua adalah perhatikan pekerjaan yang Anda lamar. Beberapa pekerjaan seperti sekretaris menuntut penampilan yang sangat rapi dan menarik. Perusahaan cenderung menyukai warna biru dan hitam sebagai pakaian yang dikenakan pelamar dan warna orange adalah warna yang kurang cocok namun dapat digunakan saat Anda sedang melamar di Industri kreatif. Beberapa warna yang dapat digunakan untuk wawancara dan artinya yaitu:

  • Hitam menunjukkan kepemimpinan atau manajemen.
  • Biru sebagai team player dan memiliki kepercayaan diri yang baik.
  • Merah menunjukkan sifat perkasa dan kuat serta semangat yang tinggi.
  • Abu-abu berarti Anda mampu berfikir dan menganalisa dengan baik.
  • Putih artinya tertib atau mampu mengatur segala sesuatu dengan baik.
  • Coklat berarti bisa diandalkan.
  • Hijau, kuning, orange dan ungu yang berarti kreatif.

Tips memilih baju untuk wawancara kerja yang ketiga adalah hindari baju yang menampilkan kesan seksi, misalnya jangan menggunakan rok yang panjangnya 10 cm diatas lutut. Cara ini terkadang digunakan para wanita saat menjalani wawancara kerja. Tanpa sadar, wanita selain menggunakan rok mini juga menggunakan blouse dengan potongan rendah atau terlalu pas di badan sehingga memperlihatkan lekuk tubuhnya. Baju yang terlalu seksi justru memberikan kesan kurang profesional dan dapat membuat orang lain memiliki cara pandang dan pikiran yang salah. Jika baju Anda terlalu pas, Anda dapat menggunakan blazer atau jas untuk menutupi lekuk tubuh Anda.

Keempat adalah memilih pakaian yang memberikan kesan rapi. Tidak hanya pakaian namun juga aksesoris, sepatu dan tas yang Anda gunakan. Saat sedang menghadapi tes wawancara, Anda jangan mengenakan aksesoris yang berlebihan misalnya gelang atau cincin dan kalung berlebihan, hindari penggunaan cat kuku. Tas haruslah yang sesuai dengan baju yang Anda kenakan dan hindari tas dengan ukuran yang besar. Jika Anda mengenakan sepatu hak tinggi, pilih sepatu yang menutupi bagian depan kaki Anda atau pilih jenis stiletto.

 

Tips memilih baju dan cara berpakaian untuk wawancara bagi pria sebaiknya:

  • Pilih kemeja dengan warna hitam atau biru. Jika tidak ada, sebaiknya pilih warna netral.
  • Sebaiknya Anda menggunakan dasi saat sedang di wawancara. Dasi menunjukkan jika Anda profesional dan mampu bekerja lebih siap serta memberikan kesan yang lebih rapi.
  • Jangan lupa untuk menggunakan sepatu pantofel yang bersih dan juga dipoles sehingga akan menambah kesan rapi. Sebaiknya memilih kaos kaki berwarna hitam yang ukurannya cukup panjang sehingga saat Anda duduk dan celana Anda agak terangkat, tidak langsung menampilkan bulu kaki Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *